Organ Pendengaran

Telinga kita merupahan salahsatu organ yang paling kompleks. Dengannya, gelombang udara ditangkap dan diubah menjadi suara di otak kita. Telinga turut mengendalikan keseimbangan dan berpengaruh banyak terhadap bagaimana kita bersentuhan dengan dunia disekeliling kita. Kemampuan atau kekurangmampuan kita dalam mendengar akan berdampak kepada hampir seluruh aspek kehidupan kita.  Brosur ini akan membantu anda memahami tentant sifat suara, bagaiman  telinga bekerja, sebab-sebab gangguan dengar dan apa saja yang dapat dilakukan menghadapinya. 

Sifat Suara

Suara adalah gelombang udara atau getaran yang dirasakan oleh telinga yang sehat dan dapat diukur dengan satuan yang disebut ‘Hertz’. Semakin cepat getarannya, semakin tinggi pula pitch suara. Contoh suara berpitch tinggi adalah kicau burung atau suara berpitch rendah seperti deru badai dari kejauhan atau nada bas pada musik. Nilai dimana gelombang suara bergetar disebut frekuensi.  

Tingkat tekanan suara (Volume) 

Volume suara dihitung dalam decibel atau dB. Semakin besar volume, semakin jauh suara memancar dan semakin keras pula suaranya. Namun volume tidak selalu identik dengan kekerasan. Misalnya bunyi alaram jam yang berpitch tinggi jauh lebih terdengar nyaring dibanding dengan gonggongan anjing meski kedua suara itu berada divolume yang sama. Dengan demikian kekerasan suara bersifat subjektif dan tidak dapat diukur dengan pasti. 

 Suara-suara Kompleks  

Masing-masing suara memiliki karekteristik yang beragam. Suara yang sederhana seperti nada murni hanya berisi satu frekuensi saja sedangkan suara-suara kompleks terdiri dari banyak frekuensi. Suara-suara yang sebagian besar kita dengar setiap harinya adalah suara-suara kompleks. Suara percakapan misalnya terdiri dari getaran dengan volume dan sejumlah frekuensi beragam, khususnya pada kisaran 500 hingga 3000 Hz. 

Bagaimana telinga bekerja    

Telinga manusia menerima dan meneruskan gelombang suara menuju otak tempat  suara tersebut dianalisa dan dikenali. Cara terbaik untuk menjelaskan fungsi telinga adalah menjelaskan jalannya suara melalui bagian-bagian telinga tadi. 

  1. Telinga  Luar

 Mengumpulkan gelombang suara dan mengarahkannya menuju liang telinga dan diteruskan ke gendang telinga. 

  1. Telinga  Tengah

 Telinga  tengah adalah ruang yang berisi udara yang dihubungkan dengan saluran nasal dan tenggorokan dengan eustachian tube, tujuannya adalah menyeimbangkan tekanan udara dikedua sisi gendang telinga. Eustachian tube biasanya tertutup dan terbuka secara  alamiah ketika menelan atau menguap. Sampai digendang telinga, gelombang suara tadi menyebabkan gendang telinga bergetar dan meneruskannya ke tulang artikulasi kecil yang kerap disebut ‘hammer, anvil dan stirrup’ yang secara mekanis menghubungkan gendang telinga menuju jendela oval telinga dalam. Pergerakan jendela oval ini mengirimkan tekanan gelombang suara menuju telinga bagian dalam. 

  1. Telinga  Dalam

 Telinga dalam yang berisi cairan terdiri dari koklea yang berbentuk spiral (nama Latin untuk rumah siput). Jalan masuk menuju koklea ditumbuhi dengan 20,000 sel rambut mikroskopik yang mengubah getaran suara menjadi impuls yang kemudian dikirimkan ke Otak. Disinilah impuls tadi diintepretasikan menjadi suara yang penuh makna. 90 % kasus gangguan dengar terjadi karena rusaknya atau melemahnya sel-sel rambut dibagian telinga bagian dalam. Umumnya disebabkan karena usia lanjut atau banyak mendengar suara-suara pekak. Gangguan dengar ini disebut gangguan dengar sensorineural. Gangguan dengar ini memiliki dampak-dampak umum seperti semakin sulitnya membedakan suara percakapan dengan suara bising, tidak lagi mendengar suara berpitch tinggi seperti kicauan burung, suara lawan bicara terkesan bergumam atau kerapkali meminta mengulang-ngulang percakapan. Permasalahannya adalah karena otak tidak menerima seluruh suara dan frekuensi yang dibutuhkan untuk misalnya memahami suara percakapan. Bak anda menghilangkan semua tuts nada tinggi pada piano dan meminta seseorang untuk memainkan melodi terkenal. Bahkan hanya dengan kehilangan 6 atau 7 tuts nadapun, kita akan sulit mengenali melodinya dan tidak akan berbunyi semestinya.  Saat sel-sel rambut telinga bagian dalam rusak, maka tiada hal yang mampu memperbaikinya. Namun, alat bantu dengar mampu memperbaiki kemampuan dengar kita. Hal ini juga dapat dicegah dengan menghindari suara-suara yang memiliki kepekakan tinggi.   

Jenis-jenis gangguan dengar lainnya 

Ø      Gangguan dengar konduktif Jenis gangguan dengar ini terjadi karena terhambatnya gelombang suara menuju telinga  dalam. Hal ini bisa disebabkan karena penumpukan kotoran didalam liang telinga, perforasi pada gendang telinga atau cairan yang terdapat pada telinga bagian tengah dan pertumbuhan tulang ynag tidak normal (otosclerosis). Gangguan dengar konduktif dapat ditangani secara medis atau operasi.  

Ø      Tinitus Sebagian orang dengan gangguan dengar sensorineural sering mengalami bunyi dering atau suara-suara berdenging. Gangguan ini disebut tinitus. Tinitus bersifat permanen dan tidak dapat diatasi secara medis atau operasi. 

Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan dengar? 

 Jika gangguan dengar anda disebabkan karena penumpukan kotoran didalam liang telinga, ‘sumbatan’ ini dapat dihilangkan oleh spesialis THT. Sejumlah gangguan dengar konduktif dapat diatasi secara medis. Atau jika gangguan dengar anda disebabkan rusaknya sel-sel rambut ditelinga dalam, alat bantu dengar adalah solusi yang tepat.        

 Alat bantu dengar menjadi solusi tepat

 Setiap gangguan dengar bersifat individual sehingga memiliki tantangan khusus untuk memperoleh amplifikasi terbaik. Beruntung, alat bantu dengar terkini menawarkan solusi canggih untuk mengatasi tantangan kompleks ini. Alat bantu dengar digital-secara khusus-menawarkan sejumlah fitur-fitur berteknologi tinggi sehingga memiliki kemampuan memahami suara percakapan dengan lebih baik dilingkungan bising dan mampu menimalisir suara yang tidak diinginkan semisal deru lemari pendingin. Alat bantu dengar digital ini juga dapat diprogram sesuai gangguan dengar setiap orang. Alat bantu dengar dapat membantu memperoleh kenikmatan pendengaran terbaik dan meningkatkan kualitas hidup anda. 

Dimana saya dapat memperoleh bantuan 

Langkah pertama adalah temui profesional dibidang penanganan pendengaran untuk melakukan tes pendengaran. Jika anda memiliki gangguan dengar konduktif, anda bisa dirujuk untuk ke dokter THT untuk memperoleh penanganan lanjutan. Jika anda mengalami gangguan dengar sensorineural, anda akan diberikan saran mengenai pilihan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan, perlunya memakai satu atau dua buah alat bantu dengar dan bagaimana memperoleh manfaatnya secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: